Info Inovasi
Depan Inovasi Baking Info Inovasi detil

Metode Sourdough

Teman-teman yang ingin membuka usaha bakery pasti menginginkan produk yang dihasilkan berkualitas dan memiliki umur simpan yang lebih lama bukan?
Berikut team dari Pundi Kencana membagikan salah satu tips untuk memperpanjang umur simpan produk anda dengan perubahan formula menggunakan metode Sourdough.

Apa itu Sourdough?
Sourdough merupakan metode alami dan natural yang digunakan untuk memperpanjang umur simpan roti. Sedikit cerita mengenai roti, roti sendiri pertama kali dibuat di Mesir pada 3000-4000 tahun SM. Proses sourdough ini sendiri digunakan sampai pertengahan tahun 1800 ketika ragi komersial mulai dipergunakan. Namun, tidak sepenuhnya metode sourdough ini langsung hilang karena ternyata di beberapa tempat masih terdapat bakers yang menggunakan sistem sourdough ini karena mereka tinggal di daerah yang sulit dijangkau oleh ragi komersial.


Apa konsep dari sourdough?

  • Sourdough dimulai dengan bahan-bahan alami.
  • Menumbuhkan mikroorganisme yang dapat melakukan fermentasi.
  • Mengembangbiakan kultur.

Sourdough ini sendiri dibuat dengan cara mencampurkan tepung terigu dan air dalam jumlah tertentu sehingga terjadi reaksi biochemical melalui fermentasi. Air yang digunakan juga dapat diganti dengan sari buah atau air perasan buah. Setelah itu lakukan feeding setiap 6 jam pada minggu pertama dan 4 jam pada minggu kedua. Setelah minggu kedua maka starter dapat digunakan.

Kapan Sourdough/ starter bisa digunakan?
Setelah melalui proses di minggu kedua, starter mulai bisa digunakan untuk memulai fermentasi. Harus dapat mengembang 3 kali dari volume semula setelah 8 jam. Ketika ada beberapa tanda pada permukaan sedikit collapse pada tengah adonan. Pada tahap ini starter siap digunakan.
 

kembali
© 2019 PT. Pundi Kencana. Hak cipta dilindungi.
© 2019 PT. Pundi Kencana. Hak cipta dilindungi.